Have an account?
Posted by habibi on Senin, 05 April 2010 in
Perkembangan teknologi yang semakin pesat sehingga mendorong kita mengikuti perkembangan tersebut. Hal ini dapat dilihat dari perkembangan perangkat-perangkat elektronik yang semakin hari semakin cangggih seperti komputer, Hp, kamera digital, dan lain sebagainya. Adanya penambahan fitur-fitur dari perangkat sebelunya membuatnya semakin sempurna.

Salah satu perkembangan teknologi yang dapat membuat kuliatas kehidupan manuasia semakin tinggi adalah perkembangan teknologi mikrokontroler. Saat ini perkembangan teknologi mikrokontroler telah mampu meningkatkan kualitas maupun kuantitas sistem kontrol pe Kralatan dari analog ke digital. Peralatan yang masih menggunakan sistem analog / mekanik adalah KWH Meter.


KWH Meter adalah suatu alat ukur yang banyak dipakai baik dilingkungan perumahan, perkantoran maupun industri. Alat ini sudah mengalami perkembangan yang begitu luar biasa dalam beberapa yahun terakhir. Pada awalnya, fungsi utama dari KWH meter adalah untuk menjumlah pemakaian energi listrik seluruhnya yang dipakai pada waktu tertentu. Jumlah/besar pemakaian didalam KWH meter.

Masalah yang sering terjadi adalah ketidakkonsistenan pencatat KWH meter untuk dating langsung kerumah-rumah komsumen sehingga tagihan menjadi tidak akurat dan juga angka-angka baca meteran yang terlihat pada KWH meter hanya memperlihatkan jumlah/besar pemakaian listrik tanpa memeperlihatkan besar biaya pemakaian listrik yang digunakan pada waktu tertentu.

Oleh karena itu dibutuhkan sebuah KWH meter yang memudahkan para pelanggan untuk mengetahui biaya pemakaian energi listrik secara akurat, tampa menunggu sebulan untuk mengetahui baiaya pemakaian yang telah digunakan. Dalam artian komsumen membutuhkan KWH meter yang dapat dipantau pemakaiannya, sehingga ketika pemakaian listrik sudah terlalu besar buat komsumen, maka komsumen tersebut dapat melakukan antisipasi dengan menghemat pemakaiannya. Berdasarkan masalah tersebut sehingga penelii tertarik mendesain Alat Penghitung Biaya Pemakaian Listrik. Alat yang akan dibuat dilengkapi dengan mikrokontroler sebagai pengolah data yang akan menghasilkan suatu sistem perhitungan tagihan sehingga para pelanggan listrik dapat mudah melihat dan mengetahui besar tagihan listrik mereka dalam bentuk rupiah.

donlwoad program Assembly
0 Responses to “KWH Digital”:

Posting Komentar