Have an account?
Posted by habibi on Kamis, 13 Mei 2010 in
         Waktu eksekusi suatu instruksi dapat ditentukan dengan mengalikan jumlah siklus clock yang diperlukan untuk mengeksekusi instruksi tersebut dengan periode clock. Atau dapat dinyatakan sebagai hasil jumlah dari waktu eksekusi dasar (yang bervariasi tergantung pada mode instruksi dan pengalamatan) ditambah waktu yang diperlukan untuk menghitung alamat efektif jika melibatkan operand memori. Waktu eksekusi dari mengasumsikan bahwa instruksi yang akan dieksekusi telah tersimpan pada antrian tersebut dari memori dan meletakkannya pada antrian instruksi. Tabel 3.1 memperlihatkan contoh dari waktu eksekusi dasar beberapa instruksi 8086. untuk operand memori maka waktu penghitungan alamat efektif (EA) ditentukan oleh mode pengalamatan seperti yang diperlihatkan pada tabel 1.

Kolom ketiga dari tabel di bawah menunjukkan jumlah memori yang dibutuhkan oleh instruksi. Untuk menentukan waktu eksekusi suatu instruksi satu kata (one word) yang mengacu ke memori, perlu dipertimbangkan letak dari operand. Jika operand terletak pada alamat ganjil, maka CPU memerlukan dua silkus bus yang masing-masing membutuhkan empat siklus clock untuk mengakses operand. Oleh karena itu setiap kata yang mengacu ke alamat ganjil membutuhkan empat siklus tambahan.
Perlu diperhatikan bahwa beberapa instruksi dapat mempunyai waktu eksekusi yang berbeda, tergantung pada mode pegalamatannya. Dari contoh tabel 1 diperlihatkan bahwa untuk suatu instruksi dua operand, operasi register akan lebih cepat dari pada mode pengalamatan yang lain, dan operan register ke memori lebih lambat dari pada operasi memori ke register, karena membutuhkan waktu tambahan untuk menyimpan hasil operasi ke memori.

 
        Sebagai contoh, jika frekuensi clock CPU 5 MHz (mempunyai periode 0,2 µs), maka waktu eksekusi untuk berbagai variasi instruksi ADD, dapat dihitung sebagai berikut :
Penjumlahan register ke register (hasilnya disimpan di register) memerlukan :
            3 siklus clock untuk operand yang berupa byte meupun kata (word).
            Waktu = 0,6 µs
0 Responses to “WAKTU EKSEKUSI INSTRUKSI”:

Posting Komentar