Have an account?
Posted by habibi on Kamis, 13 Mei 2010 in
Secara umum operasi dari suatu system computer terdiri atas :
1. Mengambil instruksi selanjutnya dari alamat yang ditunjukkan oleh PC.
2. Meletakkan instruksi tersebut dalam register instruksi dan mengartikannya, sementara PC bertambah satu dan menunjuk pada instruksi selanjutnya.
3. Mengeksekusi instruksi, dan jika terdapat pencabangan akan menset PC ke alamat pencabangan.
4. Mengulangi langkah 1 sampai 3     
       Operasi 8086 mengikuti pola dasar di atas, tetapi tentu saja tedapat perbedaan dan beberapa operasi mengking terjadi overlapping. Alamat instruksi selanjutnya ditentukan oleh penjumlahan dari (IP) dan (CS) x 1610, dan register instruksi berupa antrian 6 byte FIFO (first in first out), yang secara kontinyu terisi jika bus data system tidak memerlukan operasi yang lain. Sifat ini akan meningkatkan kinerja CPU karena banyak waktu yang dapat dihemat dengan telah tersedianya instruksi baru saat eksekusi instruksi yang pertama telah selesai. Jika terjadi pencabangan, maka antrian instruksi akan dikosongkan dan tidak ada waktu yang tersedia untuk mengisi antrian pada instruksi perkalian 8 bit. Instuksi ini membutuhkan paling sedikit 71 siklus clock, tetapi hanya diperlukan 4 siklus clock untuk mengambil kata dari memori. Oleh karena itu selama eksekusi akan terdapat banyak siklus slosk ekstra dimana bus bebas untuk mengisi antrian instruksi.
         Meskipun 8086 dapat mengalamati kata (word) yang dimulai baik dari alamat ganjil maupun genap, tetapi untuk alamat ganjil diperlukan dua memori acuan. Satu memori akses diperlukan untuk byte orde rendah dan satu lagi untuk byte orde tinggi. Hal ini berarti bahwa akan menghemat waktu jika kata hanya disimpan pada alamat genap. Meskipun instruksi 8086 mempunyai panjang 1 sampai 6 byte, antrian 6 byte memungkinkan mengambil instruksi-instruksi dalam kata pada saat yang sama dengan menggunakan alamat genap. Perkecualiannya hanya jika terdapat instruksi pencabangan ke alamat ganjil. Dalam hal ini 8086 akan mengambil 1 byte  dan melanjutkannya dengan kata-kata pada lamat genap.
0 Responses to “OPERASI INTERNAL”:

Posting Komentar